OASIS : BRITPOP AND LIVE FOREVER



Ketika pertama kali mendengar band Oasis, kemungkinan ia langsung teringat suatu genre musik yang disebut Britpop. Bisa dibilang Oasis merupakan salah satu pencipta musik beraliran Britpop paling sukses di zamannya. Britpop merupakan subgenre musik alternative rock yang dilahirkan di negara UK (Inggris).

Awalnya, musik Britpop muncul dari scene musik independen di awal tahun 90-an dan memiliki karakteristik suara gitar musik pop ala British di era 1960-an dan 1970-an yang terinspirasi dari The Beatles. Beberapa band Britpop selain Oasis yang mulai tenar di awal era 90-an, diantaranya seperti Suede, Blur, Pulp, Supergrass, Sleeper, dan Elastica. Mengutip seperti yang terlansir di laman wikipedia.com bahwa :

Oasis merupakan grup musik rock yang dibentuk di Manchester tahun 1991. Oasis pada awalnya bernama The Rain, yang digagas oleh Liam Gallagher sebagai vokalis dan pengetuk tamburin, Paul Arthurs sebagai gitaris, Paul MsGuigan sebagai bassis, dan Tony McCarroll pada drum dan perkusi. Tak lama kemudian, kakak sulung dari Liam yaitu Noel Gallagher ikut bergabung pada band tersebut sebagai gitaris dan vokalis.

Seperti dirasakan banyak orang, Noel adalah penulis lagu yang karyanya sering dipakai sebagai single album Oasis. Noel Gallagher adalah seorang musisi yang disegani oleh musisi-musisi lain. Tidak sedikit musisi lain yang memujinya setinggi langit karena kesuksesannya bersama Oasis pada era 90an. Noel juga disebut sebut sebagai penulis lagu terbaik pada zamannya. Salah seorang personil Smashing Pumpkins pernah mengatakan kepada media, kalau Oasis yang dipimpinnya adalah band terbaik setelah The Beatles. Menurut pentolan Foo Fighters, Dave Grohl ia begitu respect pada Oasis dan berpendapat: “I look at Oasis and I think that’s the Greatest rock band i’ve ever seen in my life”.

Lagu-lagu Oasis selalu memiliki nilai inheren tentang optimisme, kepercayaan diri, dan harga diri. Nilai ini selalu tersirat dalam setiap lirik lagu mereka, meski konteks lagu itu berkisah tentang rasa kehilangan, kesepian, kerinduan, kesedihan, kegembiraan, atau parodi keangkuhan. Sebagai penggemar musik Britpop, Oasis adalah salah satu grup musik Britpop dengan sisi musikalitas terbaik yang pernah ada di dunia. Terbukti bahwa beberapa albumnya pernah merajai chart album terbaik sepanjang masa di UK.

Penulis NME magazine, Alex Niven berpendapat bahwa “Oasis wrote songs that came closer to narrating the collective hopes and dreams of a people than any other band in the last quarter century” (NME, 27 Agustus 1994). Ia juga merangkum beberapa penghargaan yang pernah diterima Oasis, yaitu seperti tujuh single dan tujuh album yang pernah memuncaki posisi satu di tangga musik Inggris, pernah memenangkan lima belas NME Awards, sembilan Q Awards, empat MTV Europe Music Awards dan enam Brit Awards, termasuk salah satunya pada tahun 2007 untuk kontribusi luar biasa terhadap musik dan satu untuk album terbaik dalam 30 tahun terakhir berdasarkan polling pendengar BBC Radio 2. Oasis juga pernah dinominasikan untuk tiga buah Grammy Award. Terhitung per tahun 2009, Oasis telah menjual sekitar 70 juta copy rekaman mereka di seluruh dunia.

Oasis juga didaftar dalam Guinness Book of World Records pada tahun 2010 untuk “Longest Top 10 UK Chart Run By A Group” setelah berhasil memposisikan 22 single hits ditop-10 chart musik Inggris. Oasis juga memegang rekor dunia Guinness sebagai entitas musik tersukses antara tahun 1995 hingga 2005, menduduki selama 765 minggu di chart musik Top 75. ( Wikipedia. “Oasis”. diakses 15 November 2014. http://id.wikipedia.org/wiki/Oasis_(grup_musik)#Britpop).

Noel dan Liam yang merupakan ikon terpopuler dari Oasis sering muncul menghiasi halaman-halaman majalah, tabloid, dan koran mingguan di Inggris, karena selain segudang prestasi musik yang membanggakan juga karena gaya hidup mereka yang liar dan kontroversial. Namun sangat disayangkan bahwa perseteruan kakak beradik Noel-Liam Gallagher yang seringkali terjadi  (puncaknya di bulan Agustus 2009) berujung bubarnya Oasis pada tahun 2010 lalu. Noel Gallagher bersolo karir atas namanya sendiri dengan merilis sebuah album perdana berjudul "Noel Gallagher’s High Flying Birds" (Oktober 2011). Sedangkan Liam Gallagher bersama sisa personil Oasis yang lain mendirikan bendera baru bernama Beady Eye yang juga telah menelurkan sebuah album debutnya bertajuk "Different Gear, Still Speeding" (Februari 2011).

Namun demikian, beberapa fans militan Oasis mengakui bahwa "Oasis... it's not a band, it's a generation!". Nyawa di setiap lagu-lagu Oasis sepertinya telah melekat dan dekat di hati para penggemar musik Britpop. Seperti salah satu judul lagu Oasis, kami percaya bahwa musik berkualitas bergenre Britpop tak akan pernah tenggelam, Live Forever...

Komentar

Postingan Populer